Selamat Datang di BERANDA Kita

Selamat datang dan selamat bergabung di BERANDA Kang Tisna. BERANDA Kita semua.

Senin, 17 Januari 2011

Fobia

Saya memiliki beberapa teman yang takut berlebihan oleh sesuatu. Seorang teman merasa takut kalau dia berada di ketinggian. Merinding bahkan panik kalau berada di tempat-tempat yang tinggi. Teman lainnya takut oleh ulat. Dia akan langsung lemas kalau melihat ulat karena jijik melihat bulunya atau gerakannya. Bahkan ada seorang teman yang fobianya sangat unik,dia akan lari ketakutan,masuk kamar kalau mendengar suara gitar pengamen.

Lalu apa sih fobia itu?. Fobia adalah ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal atau fenomena. Penyebabnya bermacam-macam,misalnya teringat sebuah peristiwa dan terus membekas tergambar dalam ingatannya,terbayang terus menerus dengan sebuah subjek fobia karena mengalami peristiwa yang sangat ekstrim seperti terjebak dalam lift,terbawa hanyut air yang deras,terjatuh dari ketinggian dan sebagainya.

Meski fobia bukan penyakit berbahaya namun bisa membuat kehidupan tidak nyaman bagi pengidapnya. Seorang yang takut dengan ketinggian,jembatan penyebrangan,misalnya. Dia akan memilih menyebrangi jalan langsung dengan resiko lama menunggu samapi jalan tidak terlalu padat kendaraan atau dengan penuh keberanian dia akan menyebrang jalan meskii resiko keselamatannya terancam.

Bisakah fobia disembuhkan ? Jawabnya tentu bisa. Salah satu terapi untuk menyembuhkan fobia adalah mengajak penderita mengubah pola fikir terhadap objek fobia. Seorang penderita fobia harus dilatih untuk berfikir bahwa yang ditakuti sebenarnya aman. Setelah pola pikir diperbaiki,seorang fobia harus diajak untuk mengalami langsung objek fobia tersebut. Nah,apabila para sahabat termasuk orang yang fobia terhadap keadaan atau penomena tertentu berfikirlah apa yg ditakutkan itu sebenarnya aman.


Tidak ada komentar: