Selamat Datang di BERANDA Kita

Selamat datang dan selamat bergabung di BERANDA Kang Tisna. BERANDA Kita semua.

Sabtu, 08 Januari 2011

Hasrat Untuk Berubah

Kalau aku muda dan bebas berkhayal, aku bermimpi ingin mengubah dunia
Sejalan dengan bertambah usia dan kearifanku, kudapati dunia tak kunjung berubah
Maka cita-cita itu pun kupersempit, dan kuputuskan hanya mengubah waktu negeriku,
namun itu pun tampaknya tiada hasil.
Ketika usiaku makin senja, dengan upaya terakhir penuh putus asa,
kuputuskan untuk mengubah keluargaku semata, orang-orang terdekat denganku
Tapi malangnya, mereka pun tak mau diubah.
Dan kini saat terbaring menanti ajal, tiba-tiba kusadari :
Andai yang pertama kuubah diriku sendiri, dengan menjadikan diriku teladan
mungkin aku dapat mengubah keluarga.
Lalu berkat ilham dan dorongan mereka, aku pun mampu memperbaiki negeriku.
Dan Siapa tahu, bahkan aku pun dapat mengubah dunia.

Tulisan di atas adalah karya seorang Bishop Anglikan, 1100 M, tertulis di ruang pemakaman Westminster Abbey, tetapi sangat universal dan berlaku bagi siapapun, lintas ras, suku, agama dan golongan. Sebaiknya=>ketika kita akan merubah apapun dari diri orang lain, bahkan merubah dunia sekalipun<= kita bercermin kepada diri kita terlebih dahulu sejauh apa dan bagaimana diri kita : benar sekali sebaiknya perubahan itu harus dimulai dari diri kita sendiri, dari hal-hal yang kecil, dimulai hari ini, karena kalau tidak oleh kita, oleh siapa, kalau tidak hari ini kapan lagi? Karena itu mulai merubah diri kita sendiri untuk menjadi lebih baik.

Tidak ada komentar: