Selamat Datang di BERANDA Kita

Selamat datang dan selamat bergabung di BERANDA Kang Tisna. BERANDA Kita semua.

Sabtu, 08 Januari 2011

Si Bawang Putih

Rasanya tidak ada seorang pun diantara kita yang tidak mengenal bawang putih. Bukan dongeng anak-anak, Bawang Merah dan Bawang Putih. Ini bawang putih beneran. Mungkin diantara kita hanya sedikit yang tahu bahwa bawang putih adalah obat yang sedap disantap. Bawang putih yg dalam bahasa Latin disebut allium sativum ini telah digunakan sejak lama oleh masyarakat di berbagai peradaban sebagai bumbu masakan dan juga obat. Bawang putih mengandung antibiotik sangat kuat yang disebut allicin. Selain allicin,bawang putih juga mengandung komponen kimia meliputi alliin,ajoene,berbagai jenis enzim,vitamin B,berbagai mineral,dan flavonoid. Jika kita menumbuk bawang putih akan terasa aroma khas yang ditimbulkan  oleh pemecahan senyawa kimia yang mengandung sulfur di cairan sel bawang putih. Bawang putih dapat mengontrol kadar gula darah. Penggunaan sejumlah dosis terapi ekstrak bawang putih secara teratur telah terbukti mampu mencegah komplikasi akibat diabetes. Namun pasien denga perawatan insulin hendaknya jangan mengkonsumsi bawang putih berlebihan. Pada tahun 1858, Louis Pasteur meneliti aktivitas antibakteri bawang putih. Bawang putih digunakan sebagai antiseptik untuk mencegah gangren pada masa perang dunia I dan II. Bagi penderita AIDS,bawang putih dapat digunakan untuk melawan kriptosporodium dan toksoplasmosis. 
Namun disamping manfaat ternyata ada berbagai efek samping yg harus diperlihatkan,antara laindiare,muntah,meningkatnya resiko pendarahan,,haid yang tidak teratur,berkeringat, dan pusing. Bila dimakan berlebihan maka keringat dan mulut akan berbau bawang. Hal ini akibat pengubahan  senyawa yang mengandung sulfur yang terdapat dalam cairan sel bawang putih menjadi alil metil sulfida yang tidak dapat dicerna dan dialirkan ke darah. Darah membawa senyawa ini ke paru-paru dan kulit,dimana senyawa ini kemudian dieksresikan.
Bawang putih juga jangan digunakan bersama warfarin,obat anti platelet,saquinqvir,anti hipertensi, dan obat hipogilikemik. Disarankan untuk berkonsultasi dengan tenaga kesehatan apabila hendak mengkonsumsi suplemen yang berisi bawang putih.

Tidak ada komentar: